MERDEKA BELAJAR EPISODE KE 4: PROGRAM ORGANISASI PENGGERAK
bahasa indonesia
Abstract
Kurikulum merdeka adalah sebuah kebijakan yang memungkinkan pembelajaran yang lebih baik bagi siswa. Salah satu upaya perbaikan tersebut diwujudkan melalui kebijakan Merdeka Belajar Episode Ke-4: Organisasi Penggerak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebijakan pelaksanaan program Merdeka Belajar Episode Ke-4: Organisasi Penggerak, untuk menciptakan pembelajaran yang menguntungkan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan literatur, dan data dikumpulkan dari berbagai artikel, buku, dan sumber pustaka atau dokumen yang relevan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan analisis konten saluran YouTube acara peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-4: Program Organisasi Penggerak, yang diadakan pada 10 Maret 2020. Peneliti juga menggunakan teori analisis dari William N. Dunn dalam bukunya Public Policy Analysis, bersama dengan beberapa buku dan artikel terkait, sebagai rujukan dan acuan untuk menganalisis kebijakan ini. Hasil temuan analisis peneliti menunjukkan bahwa organisasi penggerak memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan pendidikan di seluruh dunia, posisi penulis dalam hal ini mendukung kebijakan program organisasi penggerak. Meskipun program ini mungkin menghadapi tantangan yang cukup signifikan. Namun, dengan memahami dan penangan masalah dengan cermat, sekolah-sekolah akan dapat memanfaatkan peluang yang ada untuk meningkatkan pendidikan bagi generasi Indonesia.
References
Danu Kusbandono. Distribusi Komunikasi Informasi Pemimpin sebagai Penggerak Organisasi. Jurnal Ecoment Global, Vol 6. No 2, Agustus 2021
https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id
https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/organisasipenggerak
https://youtu.be/NghoOEtymYk?si=HiKRY8641OuCfxp0. diakses pada tanggal 25 Oktober 2023. Pukul 11.15 WITA.
Irna Karlina Sensiana Blegur. Pelatihan Persiapan Pembelajaran Geometri bagi Guru Kelas Rendak pada Program Organisasi Penggerak Provinsi NTT. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 2. No 1, Mei 2022.
Jannah, Harun. Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 7 Issue 1 (2023).
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Merdeka Belajar Episode 4: Program Organisasi Penggerak. (10 Maret 2020)
Latifatul Khiftiyah, dkk. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Menciptakan Pembelajaran yang Berpihak pada Peserta Didik di Sekolah Penggerak TK Janjjeta Gebanganom Kabupaten Kendal. (Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri:Volume 09 Nomor 04, September 2023)
Mega Novita, dkk. Advencing Indonesian Education trough the Three Penggerak Programs. In 5th International Conference on Education and Social Science Research (ICESRE) Volume 2022, KnE Social Science.
Pudji Lestiyani. Analisis Persepsi Civitas Akademika Terhadap Konsep Merdeka Belajar Menyongsong Era Industri 5.0. Jurnal Kependidikan, Vol 6, No 3, November 2020
Reza, Linda, dkk. Model Awal Optimalisasi Kualitas Learning Management System Mendukung Transfer of Knowledge pada Penyelenggaraan Hybdrid Learning Pogram Organisasi Penggerak. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia, Vol. 8, No.1, Februari 2023.
Sarzoso, M. J., Bandoy, M. M., Yazon, A. A., Tan, C. S., & Buenvinida, L. P. (2021). Evolving roles of outstanding school heads in meeting the challenges of the new normal: a phenomenological study. International Journal of Theory and Application in Elementary and Secondary School Education, 3(2), 91-100. https://doi.org/10.31098/ijtaese.v3i2.663
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wahyu, Iffa, dkk. Guru Penggerak dan Transformasi Sekolah dalam Kerangka Inkuiri Apresiatif. Jurnal Kependidikan Islam, Vol 11. No 1, 2021.
Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.
Jurnal Inenp Paer akan menerbitkan naskah yang sudah direview dan atau diproses secara ketat.