PERAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK

  • Muh. Maskur UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Peran Guru PAI, Karakter, Kedisiplinan, Motivasi Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Guru PAI dalam menanamkan kedisiplinan dan pemberian motivasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus di SMAN 6 Yogyakarta. Subjek pada penelitian ini yaitu guru PAI dan peserta didik di SMAN 6 Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Peran guru PAI dalam menanamkan kedisiplinan peserta didik di SMAN 6 Yogyakarta yaitu sebagai a) Mentor dan b) Koordinator; 2). Peran guru PAI dalam pemberian motivasi belajar peserta didik di SMAN 6 Yogyakarta, yaitu sebagai a) Fasilitator; b) Edukator, c). Motivator; serta d). Suri tauladan.

References

Abdul Jalil. (2012). “Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter”, Nadwa, vol. 6, No. 2.

Abdul Majid Khon. (2021). “Pendidikan dalam Perspektif Hadis (Suatu Kajian Tematik dalam Bulûgh Al-Marâm)”. DAYAH: Journal of Islamic Education Vol. 4, No. 1.

Achmadi. (2005). Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Aidy Setiadi Amrizal. (2020). “Hubungan Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa”. Jurnal BENING Vol. 4, No. 1.

Akmal Hawi, Kompetensi Guru PAI, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Ali Imron, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Dawadin, Farhan Sifa Nugraha, Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Wonosobo: Mangku Bumi Media, 2019.

Dede Rosyada. (2013). Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. (Edisi Kedua Cet.4. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013.

Eliza Herijulianti, dkk. Pendidikan Kesehatan Gigi, Jakarta: EGC. 2001.

Eva Latipah, Psikologi Dasar Bagi Guru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Hamzah B. Uno, Profesi Kependidikan, Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Harmalis. (2019). “Motivasi Belajar dalam Perspektif Islam”, Indonesian Journal of Counseling & Development, Vol. 01, No. 01.

Hudiyono, Membangun Karakter Siswa. Surabaya: Penerbit Erlangga, 2012.

Imam Muslim, Shahih Muslim. terj. Rozakdan Rois Latief, (Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1991).

Kambali. (2015). “Relevansi Pemikiran Syekh Al-Zarnuji dalam Konteks Pembelajaran Moderen”, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu.

Kementrian Agama RI., Al-qur’an dan Terjemahan. Jakarta : Dharma Karsa Utama, 2017.

Khanifatul Azizah. (2021). “Profesionalisme Guru dalam Islam: Kajian Konseptual Hadits Tarbawi”. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah Vol. 6, No. 1.

Maemunawati, Siti. Muhammad Alif, Peran Guru, Orangtua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid 19, Banten: 3M Media Karya Serang, 2020. https://www.google.co.id/books/edition/Peran_Guru_Orang_Tua_Metode_dan_Media_Pe/hJcFEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=peran+guru+dalam+pendidikan++islam&printsec=frontcover, akses 30, Mei 2022.

Mahmud, Psikologi Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2010.

Maimun, Kiat Sukses Menjadi Guru Halal, Mataram: (LEPPIM) IAIN MATARAM, 2015.

Maragustam, Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter, Yogyakarta: Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2021.

Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2006.

Nur’asiah. (2021),“Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Siswa”, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 6, No. 2.

Rusman, “Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru”. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Shohibun Niam bin Maulan Al-Tarobani. (2014). Zadah Bekal Menggapai Ilmu, Manfaat dan Berkah Pengantar Memahami Nadham الالا , Kediri: Al-Aziziyyah Press.

Try Gunawan Zebua, (ed.). (2020). Studi Literatur Problem Based learning untuk masalah Motivasi bagi siswa dalam Belajar Matematika, Gunungsitoli: Guepedia.

Undang-Undang Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tentang Pendidikan, Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Pasal 1 Ayat 1, 83.

Wina Sanjaya, Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2013).

Yasyakur Moch. (2016). “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu”. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 05, Nomor 35.

Yohanes Arliando Fahik, “Pentingnya Motivasi Belajar bagi Seorang Pelajar : Tinjauan Psikologi”, Artikel.

Zakiyah Darajat. (1996). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Bumi Aksara. cet. II.

Zida Haniyyah. (2021). “Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di SMPN 03 Jombang”. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan

Vol. 1, No. 1.

Zuhairini. (1992). Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Bumi Aksara. cet. I.

https://hadits.in/bukhari/1077

https://hadits.in/bukhari/6015

https://hadits.in/bukhari/5937

Published
2024-03-06
How to Cite
Maskur, M. (2024). PERAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK. Jurnal Inen Paer (JIP), 1(1), 1-15. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/jip/article/view/597

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.