Pengembangan Usaha UMKM Sektor Kuliner Melalui Digital Marketing di Kota Mataram

  • Desi Suryati Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Rohmiati Amini Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Meiyanti Widyaningrum Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Samsuriadi Samsuriadi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
Keywords: Pengembangan Usaha, UMKM, Digital Marketing

Abstract

Penelitian dengan judul Pengembangan Usaha UMKM sektor kuliner melalui Digital Marketing di Kota Mataram merupakan penelitian yang diangkat dari fenomenana maraknya penggunaan digital marketing dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh usaha usaha mikro seperti UMKM di Kota Mataram. Selain itu penggunaan digital marketing juga bisa memberikan dampak terhadap besar kecilnya penjualan yang dihasilkan para pelaku usaha. Maraknya penggunaan digital marketing ini dilatar belakangi oleh kemampuan transaksi jual beli mayarakat yang serba terbatas pada masa pandemi covid 19 dua tahun yang lalu. Pola pemasaran seperti ini terus berlanjut hingga saat ini yang menyebabkan perlu dlakukan kajian dan penelitian untuk melihat keberlanjutan dari penggunaan digital marketing bagi pengembangan usaha UMKM di Kota Mataram.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Yang dilakukan dalam beberapa tahapan hingga mencapai sebuah rancangan yang bisa menjadi acuan dalam penggunaan Digital Marketing. Alur penelitian yang dilakukan untuk bisa dikembangkan lebih lanjut. Tahap tahap mencakup tahap analisis, desain, implementasi dan testing.

Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi pengembangan usaha UMKM di Kota Mataram khususnya dan perekonomian NTB pada umumnya sehingga bisa lebih lanjut mengembangkan perekonomian dengan melanjutkan pola penerapan Digital marketing ini atau bisa ditemukan pola baru dalam pengembangan UMKM di Kota Mataram. Produk digital marketing yang dikembangkan sebagai alternative solusi yang ditawarkan kepada mitra tergolong sederhana dan user friendly, hal tersebut untuk mempermudah UMKM untuk menggunakan digital marketing yang dibangun mengingat SDM pada setiap UMKM tergolong gagap teknologi (gaptek). Dan apabila, UMKM terus menggunakan produk digital marketing yang dibangun secara berkelanjutan, akan meningkatnya pengetahuan mitra mengenai teknologi digital marketing, dan akan berpengaruh pada meningkatnya jangkauan sebar pemasaran produk mitra menjadi lebih luas sehingga penjualan akan ikut meningkat, dan berdampak kepada profit yang lebih tinggi.

Published
2023-05-17
How to Cite
Suryati, D., Amini, R., Widyaningrum, M., & Samsuriadi, S. (2023). Pengembangan Usaha UMKM Sektor Kuliner Melalui Digital Marketing di Kota Mataram. Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, Dan Bisnis, 5(1), 85-95. https://doi.org/10.69503/econetica.v5i1.446
Section
Articles