PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI NUSA TENGGARA BARAT (Studi Kasus Program Active Selling 2021 KOMINFO)

  • ABDUL MUTTALIB

Abstract

Pengguna internet di Indonesia setiah harinya mengalami peningkatan. Hal tersebut menjadi peluang besar yang harus disadari oleh para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Media pemasaran yang banyak diminati dan didorong oleh pemerintah untuk mendukung promosi penjualan ialah Digital Marketing. Metode pemasaran menggunakan digital dianggap sebagai sebuah metode yang sangat berguna sebagai sebuah strategi pemasaran bisnis yang dilakukan oleh UMKM. Penggunaan Media sosial, E-commerce, dan bahkan beriklan (Digital Advesiting) sangat mendukung UMKM dalam promosi, pemasaran, dan penjualan.

Penelitian dilakukan guna mengetahui perkembangan pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) setelah menggunakan Digital Marketing. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner melalui google form dan sisebar luaskan melalui platform WhatsApp dengan jumlah populasi 812 UMKM. Jumlah responden dalam penelitian ini 164 responden, Data diolah menggunakan program statistical product service solution (SPSS 26).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Digital Marketing cukup berpengaruh terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Nusa Tenggara Barat, baik melalui peningkatan penjualan, dan meningkatnay pendapatan. Dari hasil analisis ditemukan bahwa Digital Marketing berpengaruh 56% terhadap pengembangan UMKM di Nusa Tenggara Barat.

Kata kunci: Digital Marketing, E-commerce, Sosial media, Digital Advesiting

Published
2022-11-17
How to Cite
MUTTALIB, A. (2022). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI NUSA TENGGARA BARAT (Studi Kasus Program Active Selling 2021 KOMINFO). Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(2), 102-115. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/econetica/article/view/335
Section
Articles