PENERAPAN PELATIHAN DAN DISIPLIN KERJA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA KP BEINTB

  • Eka Wulandari SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMM MATARAM
  • Syaiful Amri SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMM MATARAM
  • Surahman Hidayat SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMM MATARAM
  • Faizatul Fajariah SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AMM MATARAM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pelatihan dan disiplin kerja dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada Kantor Perwakilan BEI NTB. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif .menggunakan tekhik sampling snowball sampling yang merupakan bagian probability sampling.Tehnik pengambilan sample menggunakan nonprobability.metode analisis yang digunakan adalah metode analisis data kualittatif model Miles dan Hubermen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pelatihan (TOT, sekolah pasar modal, klinik investasi ) yang mumpuni dan disiplin kerja juga sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan KSPM sebagai perantara nasabah dan bursa efek. Pelatihan yang diberikan bursa efek untuk melatih mahasiswa dan karyawan inti dinilai sangat membantu peningkatan baik dari jumlah investor sampai dengan penambahan jumlah transaksi investor setiap bulan.Hal ini dapat dibuktikan dari grafik peningkatan jumlah investor pada dua tahun terakhir. Selain dari itu peneliti menemukan faktor lain yang ikut berpartisipasi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia sampai dengan faktor peningkatan kualitas pelayanan pada KP BEI NTB terletak pada kualitas pelatih dan banyaknya KSPM yang mulai dibentuk. Seiring dengan penambahan jumlah KSPM yang dibentuk mengakibatkan penyebaran informasi yang lebih meluas dan dapat menjangkau wilayah pelosok.Penambahan KSPM dapat diikuti dengan penambahan jumlah pelatihan rutin untuk dapat menjamin informasi yang diberikan telah sesuai dengan keadaan.

Kata Kunci : Pelatihan, Disiplin Kerja, Kualitas Pelayanan

Published
2022-11-17
How to Cite
Wulandari, E., Amri, S., Hidayat, S., & Fajariah, F. (2022). PENERAPAN PELATIHAN DAN DISIPLIN KERJA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA KP BEINTB. Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(2), 31-40. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/econetica/article/view/320
Section
Articles