PELAYANAN PUSAT KESEJAHTERAAN SOSIAL DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN

  • Nazrin Nazrin UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta
  • Anita Maudy UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta
  • Siska Hermalinda anitamaudy06@gmail.com
Keywords: Pelayanan Pusat Kesejahteraan Sosial, Penanggulangan Kemiskinan

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui  pelayanan  pusat  kesejahteraan  sosial (Puskesos)  dalam  penanggulangan  kemiskinan  Di  Kelurahan  Abeli  Dalam  Kecamatan Puuwatu Kota Kendari.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripstif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,  wawancara, dan dokumentasi dengan informan penelitian  sebanyak 13 orang. 5 orang tim pelaksana pusat kesejahteraan  sosial (Puskesos), dan 8 orang informan tambahan, 1 orang TKSK dan 7 orang warga masyarakat penerima manfaat pelayanan Puskesos Di Kelurahan Abeli Dalam Kecamatan Puuwatu Kota Kendari.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  pelayanan  pusat  kesejahteraan  sosial  (Puskesos) berlokasi di pemerintahan Kelurahan Abeli Dalam dengan melakukan pelayanan pusat kesejahteraan sosial pada program meliputi: Kartu Idonesia Sehat (KIS), Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunia (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST). yang dilakukan oleh Puskesos kepada masyarakat miskin yaitu: 1) mengadakan perubahan dalam bentuk kegiatan, kegiatan tersebut berupa sosialisasi. 2) membantu dalam mengatasi masalah, dengan memberikan bantuan pelayanan yang berkualitas kepada individu/keluarga/rumah tangga miskin harus memiliki prosedur yang jelas, tidak berbelit-belit, mudah dipahami, dan dilakukan. Kegiatan tersebut diantaranya; penerimaan pengaduan, pemeriksaan status calon penerima manfaat dengan proses validasi dan verifkasi data, layanan penanganan keluhan sesuai  kebutuhan  program  dalam  hal  ini  pada  program  KIS,  PKH,  BPNT,  BST,  dan penanganan rujukan. Dengan jumlah penerima KIS 700 orang, PKH 77 orang KK, BPNT 137 orang KK, dan BST 6 orang KK. Jumlah penerima layanan bagi masyarakat miskin 174 orang KK  dari  202  orang  KK.  Adapun  ditemukan  dalam  pelayanan  Puskesos  serta   manfaat pelayanan   puskesos   bagi   masyarakat   yang   dapat   memberikan   dampak   baik    untuk kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan, dan berkontribusi dalam terpenuhinya hak untuk mengakses layanan kesehatan, pendidikan, bantuan sembako, dan bantuan sosial tunai dapat tercapai

Published
2022-11-17
How to Cite
Nazrin, N., Maudy, A., & Hermalinda, S. (2022). PELAYANAN PUSAT KESEJAHTERAAN SOSIAL DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN. Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(2), 41-53. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/econetica/article/view/311
Section
Articles