PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI PRODI PPKN FKIP UNIVERSITAS MATARAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring di Prodi PPKn FKIP Unram, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran daring di Prodi PPKn FKIP Unram, untuk mengetahui upaya mengatasi faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran daring di Prodi PPKn FKIP Unram. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi PPKn FKIP Unram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif untuk mengetahui gejala atau fenomena yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran daring di Prodi PPKn FKIP Unram. Teknik mengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan tahap reduksi data, tahap display data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di Prodi PPKn FKIP Unram berjalan dengan lancar dan baik. Mahasiswa dan dosen memiliki alat elektronik penunjang pembelajaran daring yaitu Handphone dan Laptop yang dapat terhubung dengan jaringan internet. Pembelajaran daring menggunakan berbagai macam metode pembelajaran, seperti, metode ceramah, dan diskusi tanya jawab atau persentase kelompok. Mahasiswa dan dosen menggunakan berbagai macam Platform media pembelajaran yang digunakan untuk aktivitas perkuliahan yaitu, Google Meet, SPADA. Zoom Meeting, dan Google Class Room