Analisis Strategi Pemasaran Kain Tenun Pada Rumah Produksi Kain Tenun Kelurahan Pringgasela Selatan Kabupaten Lombok Timur
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini di dasari atas usaha kerajinan tenun Sepongkor dihadapkan dengan berbagai masalah internal dan eksternal terutama dalam segi permodalan dan pemasaran. Oleh karena itu, untuk menjaga kelangsungannya diperlukan penyusunan strategi yang baik dan efektif untuk terus mempertahankan eksistensi usaha kerajinan tenun tersebut, oleh karena itu usaha kerajinan tenun tradisional masih memerlukan pembenahan khususnya dari segi pemasaran. Tujuannya adalah untuk melakukan analisis SWOT terhadap usaha kain tenun yang nantinya dapat digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan usaha tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yakni berusaha membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistimatis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antara fenomena-fenomena yang diselidiki.
Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan metode study kasus. suatu prosudur pemecahan masalah dengan menjelaskan obyek maupun subyek penelitian dan peristiwa yang nyata, dimana data-data tidak berlaku sfesipik pada perusahaan yang diteliti, kasus yang disoroti dalam penelitian ini adalah strategi apa yang paling tepat untuk digunakan pada kain tenun tradisional lombok agar mampu bersaing yang di analisis menggunakan analisis SWOT.
Hasil penelitian Pada matrik IFAS dapat dilihat kekuatan pada kerajinan tenun tradisional Lombok di Pringgasela lebih besar yaitu 60% lebih besar dibanding kelemahan yang dimiliki yaitu 30%. Pada matrik EFAS peluang bagi UKM Rumah Produksi Kain Tenun Sepongkor Desa Pringgasela Selatan dalam mengembangkan usahanya lebih besar dengan bobot 62.5% dibanding dengan ancaman 37.5%. Dengan demikian analisis SWOT kerajinan tradisional lombok berada pada kuadran 1 yaitu kuat dan berpeluang dan strategi yang digunakan adalah strategi agresif. Melalui matrik SWOT diperoleh alternative SO yaitu dengan meningkatkan hubungan harmonis dengan pemasok dan distributor yang merupakan kekuatan perusahaan, Optimalisasi penggunaan peralatan yang merupakan kekuatan perusahaan,dan meningkatkan market share. Posisi Strategi pemasaran yang digunakan oleh UKM Rumah Produksi Kain Tenun Sepongkor Desa Pringgasela Selatan adalah kuat dan berpeluang. Formulasi Strategi yang digunakan oleh UKM Rumah Produksi Kain Tenun Sepongkor Desa Pringgasela Selatan menggunakan Promosi dengan metode personal selling dengan melakukan pendekatan dengan tokoh adat, tokoh pemuda, dan karang taruna