Pelaksanaan Akad Mudharabah Pada Koperasi Syariah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Anggota (Studi Kasus Koperasi Syariah Baituttamkin Lombok Barat Unit Kediri)

  • Sunardi Sunardi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Meiyanti Widyaningrum Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • H. Jufri Jufri Universitas Mataram
  • Desi Suryati Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP UNW Mataram
Keywords: Akad Mudharabah, Koperasi Syariah

Abstract

Abstrak

Koperasi merupakan salah satu wadah yang digunakan oleh sebagaian besar masyarakat dalam pengembangan kegiatan ekonomi. Selain untuk berkegiatan ekonomi, landasan dan prinsip dalam koperasi merupakan cerminan bagi masyarakat Indonesia dalam system kekeluargaan. Penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan akad Mudharabah pada koperasi Syariah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Anggota (Studi Kasus Koperasi Syariah Baituttamkin Lombok Barat).Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Datanya bersumber dari data primer dan skunder. Metode pengumpulan datanya melalui observasi, dokumentasi dan wawancara.  Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan hukum antara shahibul maal dan mudharib merupakan hubungan yang seimbang, dimana kedua belah pihak saling memenuhi hak dan kewajiban masing-masing pihak yang melakukan perjanjian. Penerapan pembiayaan yang dilakukan oleh Koperasi Syariah Baituttamkin Lombok Barat yaitu penetuan keuntungan 30% ke pihak shahibul maal dan 70% ke nasabah.Apabila pada hari itu anggota tidak melakukan aktivitas usaha maka anggota tidak ditarik bagi hasil dan itu didasarkan kesepakan Bersama.

Published
2021-05-13
How to Cite
Sunardi, S., Widyaningrum, M., Jufri, H. J., & Suryati, D. (2021). Pelaksanaan Akad Mudharabah Pada Koperasi Syariah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Anggota (Studi Kasus Koperasi Syariah Baituttamkin Lombok Barat Unit Kediri). Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, Dan Bisnis, 3(1), 28-35. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/econetica/article/view/100
Section
Articles