Impelementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Pertunjukan Drama Musikal Cupak Gerantang di SMAK Kesuma Mataram
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi yang dilakukan guru dan siswa/i SMAK Kesuma Mataram ketika menjalani Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada pertunjukan drama musikal Cupak Gerantang di SMAK Kesuma Mataram. 2) Mengetahui apa saja capaian guru dan siswa/i SMAK Kesuma Mataram selama melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada pertunjukan drama musikal Cupak Gerantang di SMAK Kesuma Mataram. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah studi kasus. Penelitian studi kasus merupakan penelitian yang mengeksplorasi suatu masalah dengan batasan yang terperinci, mempunyai pengumpulan data yang mendalam, dan mencakup berbagai sumber informasi. Subjek penelitian yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah siswa SMAK Kesuma Mataram.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner (angket). Data tersebut kemudian dianalisis dengan kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian menunjukkan Proses impelementasi dalam projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) pada pertunjukan drama Cupak Gerantang dilaksanakan dengan Latihan dasar seni teater terdiri dari olah tubuh, olah suara dan olah rasa yang berpusat pada siswa untuk mengembangkan fokus, imajinasi dan pelatihan memori emosi. Selain itu terdapat tahapan casting (pemilihan aktor), reading (pemahaman naskah) agar dialog dapat tersampaikan dengan tepat. Selain itu, siswa tergabung dalam tim menejemen sebagai pengontrol jalannya proses. Tahapan implementasi yang telah dilakukan dalam penelitian ini telah mencapai dimensi-dimensi yang tercantum dalam P5 yaitu mandiri, berfikir kritis dan kreatif. Capaian guru dan siswa SMAK Kesuma Mataram selama melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menunjukkan respon positif sebesar 96% guru bahwa projek yang telah dilaksanakan sangat baik dalam perkembangan siswa, sedangkan siswa menunjukkan peningkatan signifikan sebesar 89% yang masuk dalam kategori interval skor sangat setuju bahwa proses yang dilakukan dalam P5 berdampak baik bagi siswa dan dimensi-dimensi yang ada dalam P5 dapat terserap dengan baik.
Copyright (c) 2023 Duwi Purwati, Gde Agus Mega Saputra, Andika Rizkika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.