Tinjauan Literatur Tentang Penatalaksanaan Hipertensi Dalam Aspek Gizi

  • Dwi Lestari Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Tekanan Darah, Hipertensi, Strategi Nutrisi, Diet DASH

Abstract

Tinjauan literatur ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh berbagai pendekatan nutrisi dalam penatalaksanaan hipertensi. Hipertensi merupakan penyakit “the silent kliller” yang menjadi masalah yang serius dalam kesehatan global. Hipertensi mempengaruhi lebih dari satu milliar orang di seluruh dunia. Modifikasi gaya hidup, termasuk strategi nutrisi penting dalam intervensi non-farmakologis. Pola makan yang tercantum dalam pedoman diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) seperti menekankan dalam konsumsi sayur dan buah telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam penurunan tekanan darah. Kandungan gizi seperti kalium, kalsium, magnesium memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tekanan darah. Mekanisme yang mendasari strategi diet ini yaitu berperan dalam vasodilatasi, peningkatan fungsi endotel, pengaturan keseimbangan natrium, dan mitigasi stress oksidatif. Efektivitas strategi diet ini juga dipengaruhi oleh berbagai factor seperti tingkat kepatuhan, kesenjangan sosial ekonomi, dan preferensi budaya. Oleh karena itu, modifikasi gaya hidup yang komprehensif dengan fokus pada perubahan nutrisi sangat direkomendasikan sebagai pengobatan utama atau pelengkap dalam penatalaksanaan hipertensi.

Published
2024-06-06
How to Cite
Lestari, D. (2024). Tinjauan Literatur Tentang Penatalaksanaan Hipertensi Dalam Aspek Gizi. Medika: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 3(2), 27-36. https://doi.org/10.69503/medika.v3i2.626

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.