Teknologi Tepat Guna Pengolahan Labu Kuning Menjadi Menu Makanan Kekinian Bagi Balita

  • Nurmaningsih Nurmaningsih Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Baiq Dewi Sukma Septiani Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Lalu Dwi Satria Ardiansyah Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Teknologi Tepat Guna, Labu Kuning, Balita

Abstract

Labu kuning tersusun atas karbohidrat, protein,lemak kalsium (Ca), fosfor, zat besi (Fe), vitamin A,vitamin B,vitamin C dan air. Variasi pengolahan labu kuning diperlukan untuk meningkatkan minat masyarakat dalam mengkonsumsi labu kuning, salah satunya melalui pembuatan es krim labu kuning. Berbagai macam kandungan gizi yang terdapat pada labu kuning dapat memberikan asupan gizi yang cukup terutama pada balita. Pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar dalam meningkatkan derajat kesehatan dan menambah pengetahuan tentang teknologi tepat guna pengolahan labu kuning sebagai makanan tambahan variatif dan bernilai gizi tinggi pada balita di Desa Beleke Kabupaten Lombok Barat. Program Pengabdian Masyarakat Program Studi Ilmu Gizi Universitas Nahdlatul Ulama NTB berupa penyuluhan dan praktek teknologi tepat guna terkait gizi dan kesehatan yang diadakan di Desa Beleke Kabupaten Lombok Barat sebagai wujud pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Lokasi pengabdian akan dilakukan di Desa Beleke Kabupaten Lombok Barat. Hasil yang diharapkan adalah adanya peningkatan pengetahuan masyarakat terkait pengolahan labu kuning sebagai makanan tambahan variatif dan bernilai gizi tinggi pada balita.

Published
2021-09-04
How to Cite
Nurmaningsih, N., Septiani, B. D. S., & Ardiansyah, L. D. S. (2021). Teknologi Tepat Guna Pengolahan Labu Kuning Menjadi Menu Makanan Kekinian Bagi Balita. Medika: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(1), 5-8. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/medika/article/view/57

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.