Perawatan Kuku untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani Sebagai Sunah Nabi Muhammad SAW

  • Muhammad Amiruddin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Syafira Yuniardyanti Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Carlyna Septi Aisya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Rizqi Mudhoffar Firdaus
Keywords: Kebersihan, Kesehatan, Kuku

Abstract

Islam mewajibkan pemeluknya untuk menjalani hidup bersih karena keyakinannya bahwa kebersihan lingkungan dan pribadi adalah fondasi kesehatan yang baik. Selain itu terdapat sunah fitrah. Sunah fitrah merupakan perintah Islam untuk menjaga kesehatan diri sendiri, sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Salah satunya yaitu memotong kuku. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui distribusi penyakit berdasarkan kebiasaan buruk yang disebabkan oleh kuku pada setiap aspek kehidupan dan mencerminkan nilai nilai agama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research) yaitu metode pengumpulan data dengan cara memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang relevan dengan penelitian. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menyatakan bahwa seseorang dengan kebiasaan memotong dan menjaga kebersihan kuku yang buruk dapat menyebabkan infeksi cacing, helmintiasis, dan diare. Dapat disimpulkan bahwwa terdapat pengaruh dari kebiasaan memotong kuku dan menjaga kebersihan kuku yang baik merupakan faktor pencegah kejadian infeksi cacing, helmintiasis serta diare yang merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW sebagai sunah.

Published
2023-09-19
How to Cite
Amiruddin, M., Yuniardyanti, S., Aisya, C. S., & Firdaus, M. R. M. (2023). Perawatan Kuku untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani Sebagai Sunah Nabi Muhammad SAW. Medika: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 3(2), 22-26. https://doi.org/10.69503/medika.v3i2.556

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.