Hubungan Kualitas Pelayanan Petugas di Posyandu Dengan Status Gizi Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Banyumulek Kabupaten Lombok Barat Tahun 2023

  • Amnan Amnan Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Kualias Pelayanan, Posyandu, Status Gizi Balita

Abstract

Tujuan Umum Untuk Mengetahui Hubungan Kualitas Pelayanan Petugas di Posyandu Dengan Status Gizi Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Banyumulek Kabupaten Lombok Barat Tahun 2023. Rancangan penelitian adalah penelitian survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional dan dianalisis secara kuantitatif. Penelitian ini dilakukan secara Cross Sectional dimana data yang dikumpulkan sekaligus pada periode waktu yang bersamaan dengan menggunakan metode kuantitatif, untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan petugas di posyandu dengan Status Gizi balita di Wilayah Kerja Puskesmas Banyumulek Kabupaten Lombok Barat Tahun 2023. Populasi pada penelitian ini adalah balita yang terdaftar di Posyandu di Wilayah kerja Puskesmas Banyumulek pada bulan Februari tahun 2023 sebesar 2104 balita dan jumlah Sampel dalam penelitian ini sebagian dari balita yang terdaftar di Posyandu wilayah kerja Puskesmas Banyumulek pada bulan Februari tahun 2023 sebanyak 95 sample (notoatmodjo) dan sebagai responden adalah ibu-ibu balita. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya dapat diambil kesimpulan bahwa (1) Kualitas pelayanan petugas di Posyandu Wilayah kerja Puskesmas Banyumulek Kabupaten Lombok Barat tahun 2023 didapatkan hasil tertinggi persepsi cukup tentang kualitas pelayanan sebanyak 55 orang (57,9%) kemudian persepsi kurang sebanyak 22 orang (23,2) dan terendah persepsi baik sebanyak 18 orang (18,9%). Dari kelima dimensi yang digunakan untuk menilai kualitas pelayanan, tertinggi pada dimensi bukti fisik(tangible) responden sebanyak 43 orang (45,3%) yang diteliti masih merasakan kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan seperti peralatan penimbangan dan pengukuran belum tersedia dan terlihat rapi. (2) Status gizi balita pada penelitian ini didapatkan hasil tertinggi yaitu gizi kurang sebanyak 58 balita(61,1%), gizi baik sebanyak 28 balita (29,5%) dan terendah BGM(Bawah Garis Merah) sebanyak 9(9,5%). (3) Terdapat hubungan antara kualitas pelayanan petugas di posyandu dengan status gizi balita di wilayah kerja Puskesmas Banyumulek Kabupaten Lombok Barat tahun 2020 (p= 0,002 < 0,05). Nilai Koefisen 0,291, berarti keeratan hubungan antara kualitas pelayanan petugas di Posyandu dengan status gizi balita termasuk lemah dengan arah positip.Rekomendasi bagi institusi yankes agar selalu meningkatkan kualitas pelayanan petugas di Posyandu wilayah kerja Puskesmas Banyumulek kabupaten Lombok Barat terutama pada dimensi bukti fisik(tangible) seperti peralatan penimbangan dan pengukuran belum tersedia dan terlihat rapi.

Published
2023-07-11
How to Cite
Amnan, A. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan Petugas di Posyandu Dengan Status Gizi Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Banyumulek Kabupaten Lombok Barat Tahun 2023. Medika: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 3(1), 10-18. https://doi.org/10.69503/medika.v3i1.450

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.