Tata Kelola Sistem Filing Rekam Medik Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB

  • Ni Komang Wijiani Yanti Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Muhammad Siladani Fatuhu Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Filing, Misfile, Rekam Medik

Abstract

Filing merupakan sistem penataan rekam medik dalam satu tempat yang khusus agar penyimpanan dan pengambilan menjadi lebih mudah dan cepat. Permasalahan filing yang ditemukan pada saat studi pendahuluan yaitu salah simpan dokumen rekam medik serta ruang filing yang sangat luas sehingga waktu penyediaan berkas rekam medik belum sesuai standar. Penelitian ini bertujuan mengetahui tata kelola sistem filing di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan populasi 10.468 berkas rekam medis di bulan Juli tahun 2022 dan sampel 52 dokumen berkas rekam medik. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif secara deskriptif. Hasil penelitian ditemukan sistem penyimpanan menggunakan sentralisasi dalam kategori baik 100%, sistem penjajaran menggunakan angka akhir dalam kategori baik 84,6%, pengambilan kembali dokumen rekam medik dalam kategori baik 94,2%, penyusutan dan pemusnahan rekam medik dalam kategori baik 100%, standar prosedur operasional dalam kategori baik 98,1%, fasilitas fisik ruang penyimpanan dalam kategori baik 90,4%. Saran dari penelitian ini yaitu pembenahan sistem penomoran agar tidak terjadi misfile dan melakukan pengarsiran pada penyimpanan berkas rekam medik apabila berkas yang dibutuhkan bisa ditemukan dengan mudah serta ditingkatkan lagi ketelitian dalam penaruhan tracer agar tidak terjadi kekeliruan atau kesalahan pengambilan berkas pada penaruhan tracer.

Published
2022-09-18
How to Cite
Yanti, N. K. W., & Fatuhu, M. S. (2022). Tata Kelola Sistem Filing Rekam Medik Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB. Medika: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(2), 22-28. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/medika/article/view/343

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.