Pengurangan Nyeri Dengan Teknik Counter Pressure

  • Lina Listianingsih Universitas Harapan Bangsa
Keywords: Nyeri, Counter Pressure, Persalinan

Abstract

Nyeri persalinan merupakan manifestasi dari adanya kontraksi (pemendekan) otot rahim yang menimbulkan rasa sakit pada pinggang, daerah perut menjalar ke arah paha. Kontraksi ini menyebabkan adanya pembukaan mulut rahim (serviks). Dengan adanya pembukaan ini maka akan terjadi persalinan. Terdapat beberapa manajemen nyeri, yaitu manajemen nyeri farmakologis dan nonfarmakologis. Manajemen nyeri farmakologis yaitu menggunakan obat-obatan, dan anestesi. Sedangkan manajemen nyeri non farmakologis yaitu relaksasi, distraksi, hipnoterapi, dan massage. Salah satu upaya untuk membantu meredakan nyeri pada saat persalinan adalah menggunakan masase caunter pressure.Counter pressure merupakan jenis pijatan yang menggunakan kepalan tangan untuk terus memberikan tekanan pada tulang belakang pasien selama proses kontraksi. Metode yang digunaan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Studi kasus ini dilakukan pada Ibu Bersalin Ny K Umur 22 Tahun G1 P0 A0 Ah0 Usia Kehamilan 39 Minggu 0 Hari Di Puskesmas Rakit 1 Banjarnega. Cara pengumpulan data dilakukan anamnesa, pemeriksaan fisik secara lengkapĀ  atau head to toe melalui pendekatan dengan 7 langkah varney. Hasil penelitian;berdasarkan studi kasus didapatkan bahwa ada pengaruh terhadap diberikan tektik counter pressure terhadap pengurangan nyeri persalinan. Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan teknik lain dalam pengurangan nyeri persalinan.

Published
2022-09-18
How to Cite
Listianingsih, L. (2022). Pengurangan Nyeri Dengan Teknik Counter Pressure. Medika: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(2), 25-27. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/medika/article/view/270

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.