Pemberian Pisang Ambon Pada Ibu Hamil

  • Tira Nurjanah Universitas Harapan Bangsa
  • Linda Yanti Universitas Harapan Bangsa
  • Surtiningsih Surtiningsih Universitas Harapan Bangsa
Keywords: Pisang Ambon, Ibu Hamil, Hipertensi

Abstract

Kehamilan merupakan suatu keadaan dimana seorang wanita yang didalam rahimnya terdapat embrio atau fetus. Kehamilan dimulai pada saat masa konsepsi hingga lahirnya janin, dan lamanya kehamilan dimulai dari ovulasi hingga partus yang diperkirakan sekitar 40 minggu dan tidak melebihi 43 minggu. Penyakit hipertensi dalam kehamilan (Preeklampsia dan Eklampsia) menjadi salah satu dari tiga penyebab utama kematian ibu disamping perdarahan dan infeksi. Konsumsi pisang ambon sangat efektif menurunkan tekanan darah pada ibu hamil karena pisang ambon merupakan buah yang tinggi kalium dan rendah natrium pemberian pisang ambon pada ibu hamil yaitu sebanyak 1buah pisang berukuran sedang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Studi kasus ini dilakukan pada Ny D umur 37 tahun G2 P1 A0 Ah1 Umur kehamilan 30 minggu 2 hari hamil dengan Hipertensi Kronik di Puskesmas Pagedongan Banjarnegara. Cara pengumpulan data dilakukan anamnesa, pemeriksaan fisik secara lengkap atau head to toe. Hasil Penleitian; berdasarkan studi kasus didapatkan bahwa ada pengaruh pemberian pisang ambon dan pisang mas terhadap tekanan darah. Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk memvariasikan jenis pisang dan dosis yang diberikan, serta melakukan uji kadar kalium pada buah pisang.

Published
2022-09-18
How to Cite
Nurjanah, T., Yanti, L., & Surtiningsih, S. (2022). Pemberian Pisang Ambon Pada Ibu Hamil. Medika: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(2), 16-18. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/medika/article/view/269

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.