Gambaran Status Gizi dan Asupan Zat Gizi Makro Kelompok Lansia Rumah Senja Di Desa Jenggik Kabupaten Lombok Timur

  • Febrina Sulistiawati Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Baiq Dewi Sukma Septiani Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Lansia, Status Gizi, Asupan Makanan

Abstract

Pada saat ini, Indonesia menempati peringkat lima besar negara di dunia dengan jumlah lansia terbanyak. Terdapat banyak perubahan dan masalah yang terjadi pada lansia seiring dengan proses penuaan, seperti penurunan fungsi biologis, psikologis, sosial, ataupun ekonomi. Semua perubahan yang terjadi pada lansia ini tentu saja akan menjadi stressor bagi lansia dan akan mempengaruhi kesejahteraan hidup lansia. Bagi lansia pemenuhan kebutuhan gizi yang diberikan dengan baik dapat membantu dalam proses beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang dialaminya. Selain itu dapat pula menjaga kelangsungan pergantian sel-sel tubuh sehingga dapat memperpanjang usia. Kebutuhan kalori pada lansia berkurang karena berkurangnya kalori dasar dari kebutuhan fisik. Kalori dasar adalah kalori yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan tubuh dalam keadaan istirahat, misalnya : untuk jantung, usus, pernafasan dan ginjal. Berdasarkan hal tersebut, maka dipandang perlu untuk melakukan analisis status gizi kelompok lansia binaan Lembaga Rumah Senja di Desa Jenggik, Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk membuat gambaran tentang suatu keadaan secara objektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis status gizi kelompok lansia binaan Lembaga Rumah Senja di Desa Jenggik Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur.

Published
2022-08-16
How to Cite
Sulistiawati, F., & Septiani, B. (2022). Gambaran Status Gizi dan Asupan Zat Gizi Makro Kelompok Lansia Rumah Senja Di Desa Jenggik Kabupaten Lombok Timur. Medika: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(2), 1-5. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/medika/article/view/248

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.