Sinergisitas Gula Cair dari Nira Tebu dan Teh Daun Binahong sebagai Upaya Preventif Mengatasi Diabetes Melitus

  • Baiq Repika Nurul Furqan Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • B Fitria Maharani Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Preventif, Gula Cair, Diabetes Mellitus

Abstract

Kandidat yang dapat meningkatkan upaya preventif dalam menurunkan resiko diabetes adalah terkait pola konsumsi gula di masyarakat, dimana kebanyakan dari kita yang masih tinggi konsumsi gula kristal putih sedangkan penelitian menunjukkan kandungan kromuim gula kristal putih sangat rendah, hal ini berpengaruh terhadap kinerja insulin dalam metabolisme kadar glukosa darah (seperti yang telah dijelaskan pada paragfar diatas). Kandidat yang mampu menggantikan gula kristal adalah sediaan gula cair sebagai anti diabetes dari nira tebu. Dimana nira tebu yang belum diolah mengandung kadar kromium(III) yang lebih tinggi yakni sebesar 0,475 ppm dibanding gula kristal putih sebesar 0,013 ppm sehingga berpotensi menjadi sediaan gula anti diabetes (Wijayanti, dkk., 2019). Oleh karena itu, perlu dilakukan Sinergisitas Gula Cair dari Nira Tebu dan Teh Daun Binahong sebagai Upaya Preventif Mengatasi Diabetes Melitus. Diharapkan melalui konsumsi rutin teh daun binahong yang dikombinasikan dengan gula cair dari nira tebu mampu meningkatkan kinerja insulin dan menurunkan kadar gula dalam darah sehingga metabolisme karbohdrat, protein, lemak dan molekul-molekul dalam tubuh dapat kembali normal.

Published
2022-08-10
How to Cite
Furqan, B. R. N., & Maharani, B. F. (2022). Sinergisitas Gula Cair dari Nira Tebu dan Teh Daun Binahong sebagai Upaya Preventif Mengatasi Diabetes Melitus. Medika: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(1), 15-18. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/medika/article/view/184

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.