https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/issue/feed Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT) 2024-01-29T08:15:12+00:00 Dr. Lalu Moh Yudha Isnaini, M.Pd ijert.ununtb@gmail.com Open Journal Systems https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/article/view/579 Pengaruh Game Edukasi Untuk Meningkatkan Motivasi Mengaji di TPQ Khoiru Ummah Mataram 2024-01-23T23:46:04+00:00 Baiq Siti Hajar baiqsitihajar02@gmail.com Nining Pratiwi niningpratiwi@gmail.com <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Pembelajaran Al – Qur’an dilakukan melalui game edukasi dengan peserta didik dalam rangka penyampaian dan pemahaman ilmu yang disampaikan untuk meningkatkan peserta didik dalam belajar. Hal ini harus didukung dengan dinamika proses pembelajaran yang efektif dan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah dengan menggunakan angket. Informasi yang didapat dari responden dengan menggunakan angket ini digunakan untuk menemukan pengaruh penggunaan game edukasi terhadap motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan uji parsial (uji t) untuk menentukan hipotesis. Hasil yang diperoleh pada peserta didik berdasarkan pengujian parsial (uji t) yaitu 13.7256 (thitung) &gt; 3.041 (ttabel) dengan signifikan 0,000 &lt; 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya ada pengaruh positif dan signifikan antara game edukasi terhadap motivasi belajar mengaji dalam pembelajaran Al-Qur’an Peserta didik. Pembelajaran mengaji dengan menggunakan game edukasi memberikan dampak pembelajaran yang positif terhadap motivasi belajar peserta didik.</p> </div> </div> </div> 2024-01-23T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/article/view/578 Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika 2024-01-24T00:21:04+00:00 Mukminah Mukminah muk92605@gmail.com Hirlan Hirlan hirlan@gmail.com Miswatun Hasanah miswatunhasanah@gmail.com <p>Kesulitan belajar matematika siswa diketahui dari nilai siswa yang masih dibawah rata-rata, siswa tidak dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, masih kesulitan menyelesaikan dalam menjawab soal sehingga menunjukkan bahwa siswa belum menguasai materi yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan belajar matematika siswa kelas IV di sekolah X serta peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa sedangkan objek pada penelitian ini adalah peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data yang digunakan meliputi reduksi data<em>, display data</em>, dan <em>conclusion drawing. </em>Kesulitan belajar matematika siswa kelas IV SD di sekolah X disebabkan karena siswa memiliki karakter yang berbeda-beda diantaranya adalah kesulitan memahami simbol matematika, kesulitan dalam perhitungan dan kesulitan memahami maksud soal. Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa Guru sebagai <em>fasilitator, </em>pengelola, <em>motivator</em>, dan <em>evaluator.</em></p> 2024-01-24T00:07:34+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/article/view/581 Peran Lembaga Sosial Dalam Pembangunan Desa (Studi di Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah) 2024-01-29T08:15:12+00:00 Andi Mulyan Andimulyan323@gmail.com <p>Soerjono Soekanto mengatakan bahwa lembaga kemasyarakatan adalah lembaga yang dibentuk 0leh masyarakat dengan perinsip-perinsip kesukarelaan, kemandirian dan keragaman. Keberadaan lembaga-lembaga sosial tentu dapat membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat atau membantu pembangunan desa. Dengan judul “Peran Lembaga Sosial Dalam Pembangunan Desa ( Studi Di Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah) digunakan pendekatan kualitatif, dengan métode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah semua warga yang terlibat dalam lembaga-baga sosial. Hasil penelitian membahasakan bahwa lembaga-lembaga sosial yang berdiri secara sukarela atau mandiri di desa wisata ini telah bekerja dengan menjalankan sistem dengan baik, yang artinya setiap bagian atau devisi di dalam satu lembaga sosial bekerja dengan baik dan lebih mengutamakan kebersamaan yang tinggi sehingga. Hal ini menggambarkan bahwa lembaga-lembaga sosial yang ada di desa wisata ini berperan dengan baik dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. LPK yang salah satu contoh telah mampu menggodok generasi bangsa untuk bisa berbahasa asing sehingga mereka bisa bekerja sebagai pemandu wisata di Desa Wisata Air Terjun ini. Sejatinya, selain LPK di mana lembaga-lembaga sosial lainnya telah berhasil meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga berpengaruh terhadap pembangunan desa. &nbsp;&nbsp;</p> 2024-01-29T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##