Analisis Kritis Kurikulum Pendidikan di Indonesia: Tantangan dan Implikasi Implementasi

  • Hasbi Hasbi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Andi Mulyan Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Kurikulum pendidikan di Indonesia merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan nasional. Dalam jurnal ini, dilakukan analisis kritis terhadap kurikulum yang berlaku, dengan fokus pada implementasi, efektivitas, dan relevansinya terhadap kebutuhan masyarakat dan perkembangan global. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data sekunder dari berbagai sumber, termasuk laporan pemerintah, jurnal akademik, dan studi kasus. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun kurikulum telah mengalami berbagai perubahan, masih terdapat tantangan signifikan dalam hal implementasi dan adaptasi terhadap kebutuhan nyata di lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-01-30
How to Cite
Hasbi, H., & Mulyan, A. (2025). Analisis Kritis Kurikulum Pendidikan di Indonesia: Tantangan dan Implikasi Implementasi. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 5(1), 22-25. https://doi.org/10.69503/ijert.v5i1.998

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.