Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X MA Manba'ul Ulum
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi kelas X MA Manba`ul Ulum. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen. Hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran Kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi kelas X di MA Manba`ul Ulum. Hal ini terbukti dengan hasil uji Regresi Linear Sederhana dengan nilai signifikasi sebesar = 0,866, nilai f Hitung sebesar 0,029 dan nilai alpha 0,05, artinya bahwa nilai signifikasi = 0,866>0,05. Sementara besaran pengaruh yang ditimbulkan setelah dilakukannya uji Determinasi dengan nilai R =0,038 dan nilai koefesien determinasi dapat dilihat dari R square = 0,001 yang artinya pengaruh yang didapatkan oleh model pembelajaran Kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di MA Manba`ul Ulum hanya sebesar 0,038 atau 38% dan sisanya di pengaruhi oleh faktor-faktor lain
Downloads
Copyright (c) 2024 Muhammad Zoher Hilmi, Halimatus Sakdiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.