Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Pengelolaan dan Transaksi di Pasar Tradisional Desa Banyumulek Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat
Abstract
Kegiatan bisnis dalam Islam, tidak boleh dilaksanakan tanpa aturan. Islam memberikan rambu-rambu dan pedoman dalam melakukan kegiatan usaha. Apabila etika bisnis islam diterapkan secara baik dan konsisten dalam berbisnis, maka semua pihak menjadi untung baik pebisnis sendiri, konsumen, maupun lingkungan dan pihak lain yang terlibat dalam proses bisnis tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimanakah konsep etika bisnis Islam dalam pengelolaan bertransaksi di Pasar Tradisional Banyumulek Kecamatan Kediri? Kedua, bagaimanakah efektifitas penerapan etika bisnis Islam dalam pengelolaan dan transaksi di Pasar Tradisional Banyumulek Kecamatan Kediri? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) konsep etika bisnis Islam yang dilakukan oleh para pedagang pada kegiatan muamalah di Pasar Tradisional Desa Banyumulek adalah berdasarkan pada syariat Islam yaitu dengan mengutamakan nilai-nilai kejujuran, keberkahan, keadilan dan kerjasama. 2) Kedua, penerapan Etika bisnis Islam dalam kegiatan mualamah di Pasar Tradisional Banyumulek berjalan secara efektif dimana para pedagang di Pasar Tradisional Banyumulek mengutamakan nilai-nilai yang mengacu pada konsep kemaslahatan masyarakat sehingga memberikan dampak positif terhadap aktivitas sosial ekonomi di lingkungan Pasar Tradisional Banyumulek.
Downloads
Copyright (c) 2025 Ulul Azmi, Habibul Umam Taqiuddin, Mashur Mashur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.