Media Interaktif Pangan Lokal sebagai Salah Satu Solusi Pembelajaran Efektif di Sekolah Dasar

  • Adi Sumarsono Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Universitas Musamus Merauke, Indonesia
  • Etriana Meirista Pendidikan Matematika, Universitas Musamus Merauke, Indonesia
  • Agus Kichi Hermansyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Musamus Merauke, Indonesia
Keywords: media interaktif, media pembelajaran, sekolah dasar

Abstract

Penggunaan kurikulum tematik di Sekolah Dasar menuntut guru untuk kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media interaktif untuk mengenalkan nama dan jenis pangan lokal Papua (padi, sapi, sagu, ikan, dan umbi-umbian) serta urutan bilangan. Penelitian menggunakan metode pengembangan Dick and Carey yang disederhanakan menjadi lima tahap: studi kebutuhan, pembuatan dan validasi draf produk, pengembangan produk, uji coba dan revisi, serta implementasi produk akhir. Validasi melibatkan ahli materi, ahli media, dan praktisi. Produk berupa media interaktif dalam format VCD dinyatakan layak dengan rerata validasi tinggi. Implementasi menunjukkan tanggapan positif: 79,9% siswa memahami materi, 78,8% merasa senang, dan 83,3% menilai media efektif dalam pembelajaran. Media ini terbukti efektif dan efisien dalam mendukung pembelajaran tematik sesuai standar kurikulum.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-31
How to Cite
Sumarsono, A., Meirista, E., & Hermansyah, A. (2024). Media Interaktif Pangan Lokal sebagai Salah Satu Solusi Pembelajaran Efektif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 4(2), 25-36. https://doi.org/10.69503/ijert.v4i2.948

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.