Demokrasi Dalam Pandangan Islam Ahlussunnah Wal Jamaah

  • Habibul Umam Taqiuddin Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Baiq Mulianah Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Demokrasi, Islam, Ahlussunnah Wal Jama’ah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis demokrasi dalam pandangan Islam Ahlussunnah wal jamaah. 2) untuk menganalisis prinsip demokrasi dalam pandangan Islam Ahlussunnah wal jamaah. Jenis dari penelitian ini adalah kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah mengkaji jurnal, buku, artikel literatur, dan dokumen lain yang sesuai dengan masalah yang diangkat dalam tulisan ini. teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data yang dikemukakan oleh Milles dan Hubernman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dalam pandangan Islam Ahlussunah wal jamaah demokrasi merupakan tatanan yang mengatur hubungan antara negara dan rakyat yang didasarkan atas nilai-nilai universal yaitu persamaan, kebebasan, dan pluralisme yang sejalan dengan ajaran Islam. 2) Prinsip demokrasi sejalan dengan prinsip Islam Ahlussunnah wa al-Jamaah (Aswaja) yaitu at-tawassuth (moderat), at-tawazzun (seimbang), al-i’tidal (tegak lurus) dan (4) at-tasamuh (menjunjung tinggi sikap toleran).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-03
How to Cite
Taqiuddin, H. U., & Mulianah, B. (2024). Demokrasi Dalam Pandangan Islam Ahlussunnah Wal Jamaah. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 4(2), 1-7. https://doi.org/10.69503/ijert.v4i2.652

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.