Peran Lembaga Sosial Dalam Pembangunan Desa (Studi di Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah)

  • Andi Mulyan Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Lembaga Sosial, Pembangunan Desa, Aik Berik

Abstract

Soerjono Soekanto mengatakan bahwa lembaga kemasyarakatan adalah lembaga yang dibentuk 0leh masyarakat dengan perinsip-perinsip kesukarelaan, kemandirian dan keragaman. Keberadaan lembaga-lembaga sosial tentu dapat membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat atau membantu pembangunan desa. Dengan judul “Peran Lembaga Sosial Dalam Pembangunan Desa ( Studi Di Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah) digunakan pendekatan kualitatif, dengan métode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah semua warga yang terlibat dalam lembaga-baga sosial. Hasil penelitian membahasakan bahwa lembaga-lembaga sosial yang berdiri secara sukarela atau mandiri di desa wisata ini telah bekerja dengan menjalankan sistem dengan baik, yang artinya setiap bagian atau devisi di dalam satu lembaga sosial bekerja dengan baik dan lebih mengutamakan kebersamaan yang tinggi sehingga. Hal ini menggambarkan bahwa lembaga-lembaga sosial yang ada di desa wisata ini berperan dengan baik dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. LPK yang salah satu contoh telah mampu menggodok generasi bangsa untuk bisa berbahasa asing sehingga mereka bisa bekerja sebagai pemandu wisata di Desa Wisata Air Terjun ini. Sejatinya, selain LPK di mana lembaga-lembaga sosial lainnya telah berhasil meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga berpengaruh terhadap pembangunan desa.   

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-29
How to Cite
Mulyan, A. (2024). Peran Lembaga Sosial Dalam Pembangunan Desa (Studi di Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah). Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 4(1), 10-16. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/article/view/581

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.