Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika

  • Mukminah Mukminah Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Hirlan Hirlan Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Haji Abdul Rasyid Lombok Tengah
  • Miswatun Hasanah Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Peran, Guru, Mengatasi, Kesulitan Belajar, Matematika

Abstract

Kesulitan belajar matematika siswa diketahui dari nilai siswa yang masih dibawah rata-rata, siswa tidak dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, masih kesulitan menyelesaikan dalam menjawab soal sehingga menunjukkan bahwa siswa belum menguasai materi yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan belajar matematika siswa kelas IV di sekolah X serta peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa sedangkan objek pada penelitian ini adalah peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, display data, dan conclusion drawing. Kesulitan belajar matematika siswa kelas IV SD di sekolah X disebabkan karena siswa memiliki karakter yang berbeda-beda diantaranya adalah kesulitan memahami simbol matematika, kesulitan dalam perhitungan dan kesulitan memahami maksud soal. Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa Guru sebagai fasilitator, pengelola, motivator, dan evaluator.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-24
How to Cite
Mukminah, M., Hirlan, H., & Hasanah, M. (2024). Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 4(1), 6-9. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/article/view/578

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.