Implementasi Nilai-Nilai Keushuluddinan Dalam Kearifan Lokal Pada Tradisi Namatang Qur’an di Desa Pringgabaya

  • Lalu Muhammad Fazlurrahman Universitas Islam Negeri Mataram
  • Suke Indah Khumaero Universitas Islam Negeri Mataram
Keywords: Living Hadis, Desa Pringgabaya Lombok Timur, Tradisi Namatang Qur’an

Abstract

Tradisi upacara Khataman Al-Qur’an dilandasi rasa cinta kepada kitabullah yang dipraktikan dari waktu ke waktu dengan penerapan yang merujuk pada sunnah Nabi SAW. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang fenomena sosial living hadis terkait kearifan lokal yang digelar masyarakat desa Pringgabaya kecamatan Lombok timur melalui tradisi upacara Namatang Qur’a>n yang menjunjung nilai nilai keushuluddinan sebagai sarana syiar Islam dalam memuliakan para ahlul Qur’an. Fokus Pembahasan dari penelitian ini adalah terkait bagaimana masyarakat desa Pringgabaya menjalankan Tradisi Khotmul Qur’an tersebut yang dibangun berdasarkan pengimplementasian nilai-nilai hadis Nabi Muhammad SAW dan dipengaruhi pula oleh kebudayaan kerajaan Selaparang abad 16M. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan dua metode, yaitu wawancara dan studi literatur melalui metodologi penelitian yang bersifat deskriptif-analitis. Setelah melakukan penelitian, penulis berkesimpulan bahwa Tradisi Namatang Qur’an menjadi suatu upaya masyarakat untuk menghidupkan Hadis Nabi SAW pada era kontemporer. Penulis menemukan Hadis yang termaktub dalam kitab sunan Ad-Darimi yang menjadi sandaran epistemologis akan tradisi Namatang Qur’an. Hadis tersebut berada dalam tingkatan mauquf dengan jalur periwayatan yang shahih. Dengan demikian, Tradisi Namatang Qur’an digelar untuk menghidupkan sunnah Nabi SAW sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang maha Esa dalam pengimplementasian nilai-nilai keushuluddinan sekaligus melatih anak untuk mencintai al-quran sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-31
How to Cite
Fazlurrahman, L. M., & Khumaero, S. I. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Keushuluddinan Dalam Kearifan Lokal Pada Tradisi Namatang Qur’an di Desa Pringgabaya. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 3(2), 7-14. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/article/view/558

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.