Strategi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Tamatan Sekolah Dasar (SD) di Pondok Pesantren Yusuf Abdustar

  • Junaidi Junaidi Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Baiq Mulianah Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Strategi, Pembelajaran, Bahasa Arab

Abstract

Strategi merupakan salah satu diskursus yang sering kali disorot dalam sistem pembelajaran bahasa, khususnya Bahasa Arab. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Tamatan sekolah dasar (SD) di Pondok Pesantren yusuf Abdusattar banyak memiliki problem dalam pembealajarannya yaitu; intraksi antara guru dengan siswa kurang, Guru yang mengajar bukan dari Jurusan bahasa Arab,  lulusan SD dan MI dikumpulkan menjadi satu kelas dan diajarkan dengan materi yang sama, Guru masih menggunakan metode klasik sehingga menjadi monoton dan adapun beberapa pelaksanaan Pembelajaran yang dilaksanakan sebagai berikut; Pengorganisasian ada empat langkah pembagian tugas mengajar, penyusunan jadwal pelajaran, penyusunan jadwal evaluasi dan perbaikan. penyusunan jadwal kegiatan siswa, penyediaan fasilitas perlengakapan, dalam pelaksanaan juga, Rapat Rutinan pesantren, pelatihan guru pengajar Bahasa Arab, kunjungan pembelajaran dikelas, membangun pola komunikasi. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab meliputi beberapa tahapan yakni penetapan standar penilaian, penilaian atau evaluasi belajar dan remidial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-31
How to Cite
Junaidi, J., & Mulianah, B. (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Tamatan Sekolah Dasar (SD) di Pondok Pesantren Yusuf Abdustar. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 1(2), 7-15. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/article/view/54

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.