Syekh Yasin Al-Fadani dan Islam Nusantara

  • Lalu Muhammad Fazlurrahman Universitas Islam Negeri Mataram
Keywords: Islam, Nusantara, Hadits, Metodologi, Aktualisasi

Abstract

Islam Nusantara sebagai prototipe keberagamaan penduduk nusantara menjadi pilihan yang tepat dalam mengaktualisasikan ajaran-ajaran agama yang bersumber dari Al Qur’an maupun Hadits yang dalam banyak teksnya membuka peluang untuk memahaminya secara berbeda. Hadits sebagai salah satu sumber ajaran Islam yang kedudukannya sama dengan Al Qur’an mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat besar khususnya dalam hal pemaknaan dan metodologinya. Nusantara sebagai wilayah yang notebene sebagai penganut ajaran Islam, lahir darinya banyak ulama termasuk dalam bidang hadits yang nantinya melahirkan tokoh-tokoh hadits bukan hanya regional bahkan dunia dengan mempunyai metodologi yang berbeda dengan ulama lain dalam memahami Hadits, sehingga sebagai faktor penting dalam melahirkan prototipe tafsir hadits nusantara.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-31
How to Cite
Fazlurrahman, L. M. (2022). Syekh Yasin Al-Fadani dan Islam Nusantara. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 2(2), 18-26. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/article/view/348

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.