Perspektif Kaum Perempuan Terhadap Kekerasan Rumah Tangga (KDRT) di Desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara

  • Andi Mulyan Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Alfian Martoni Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Perspektif, Kekerasan Fisik, Kekerasan

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan perspektif kaum perempuan terhadap kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan bentuk-bentuknya. Lokasi penelitian di Desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Bentuk-bentuk KDRT di sini yaitu terjadi secara fisik (memukul, mendorong, merusak barang) dan secara psikis (memaki, memarahi, dan membentak) yang berakibat pada rasa ketakutan, kurang percaya diri, hilang kekuatan bertindak, kurang berdaya, gangguan psikis berat. Perspektif kaum perempuan terhadap KDR, yaitu tidak setuju atas tindakan kekerasan yang melampaui batas, namun tindakan kekerasan yang tidak melampaui batas dianggap sewajarnya. Dari penelitian ini disarankan kepada pemerintah untuk mensosialisasikan arti dan dampak KDRT kepada masyarakat agar terhindar dari KDRT. Demikian pula kepada masyarakat agar dapat memahami arti dan dampak KDRT agar terhindar dari perlakuan tersebut. Juga kepada setiap rumah tangga agar tetap menjalin keharmonisan dalam berinteraksi. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-31
How to Cite
Mulyan, A., & Martoni, A. (2023). Perspektif Kaum Perempuan Terhadap Kekerasan Rumah Tangga (KDRT) di Desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 3(1), 6-14. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/article/view/328

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.