Pengaruh Game Edukasi Untuk Meningkatkan Motivasi Mengaji di TPQ Khoiru Ummah Mataram

  • Baiq Siti Hajar Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Nining Pratiwi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
Keywords: Pembelajaran, Game Edukasi, Motivasi

Abstract

Pembelajaran Al – Qur’an dilakukan melalui game edukasi dengan peserta didik dalam rangka penyampaian dan pemahaman ilmu yang disampaikan untuk meningkatkan peserta didik dalam belajar. Hal ini harus didukung dengan dinamika proses pembelajaran yang efektif dan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah dengan menggunakan angket. Informasi yang didapat dari responden dengan menggunakan angket ini digunakan untuk menemukan pengaruh penggunaan game edukasi terhadap motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan uji parsial (uji t) untuk menentukan hipotesis. Hasil yang diperoleh pada peserta didik berdasarkan pengujian parsial (uji t) yaitu 13.7256 (thitung) > 3.041 (ttabel) dengan signifikan 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya ada pengaruh positif dan signifikan antara game edukasi terhadap motivasi belajar mengaji dalam pembelajaran Al-Qur’an Peserta didik. Pembelajaran mengaji dengan menggunakan game edukasi memberikan dampak pembelajaran yang positif terhadap motivasi belajar peserta didik.   

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-31
How to Cite
Hajar, B. S., & Pratiwi, N. (2023). Pengaruh Game Edukasi Untuk Meningkatkan Motivasi Mengaji di TPQ Khoiru Ummah Mataram. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 3(1), 1-5. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/article/view/326

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.