Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Tab Benteng Pada Anak Kelompok B TK Puncang Hijau

  • Muhammad Arzani STKIP Hamzar
  • Muhajirin Ramzi STKIP Hamzar
Keywords: Kemampuan Sosial Emosional, Permainan Tab Benteng, Puncung Hijau

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Puncang Hijau, yang berjumlah 26 anak, yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sosial pada anak kelompok B TK Puncang Hijau dapat ditingkatkan melalui permainan tab benteng. Hal ini dibuktikan dari hasil yang diperoleh melalui permainan yang dilakukan, diketahui bahwa pada pertemuan pertama tindakan siklus II, diketahui bahwa pada aspek kerjasama, anak yang mencapai skor 3 ada 16 anak atau mencapai 61,5% dari total jumlah anak (26 anak). Pada aspek saling peduli, anak yang mencapai skor 3 ada 16 anak (61,5%). Pada aspek inisiatif, anak yang mencapai skor 3 ada 17 anak (65,4%). Pertemuan kedua tindakan siklus II, pada aspek kerjasama, anak yang mencapai skor 3 ada 25 anak atau mencapai 96,2% dari total jumlah anak (26 anak). Pada aspek saling peduli, anak yang mencapai skor 3 ada 25 anak (96,2%). Pada aspek inisiatif, anak yang mencapai skor 3 ada 25 anak (96,2%). Langkah-langkah yang dilakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan sosial anak, meliputi (1) sebelum permainan, anak diminta mendengarkan penjelasan guru dan menyimak lebih baik lagi terhadap teknik permainan yang didemonstrasikan guru, (2) guru memberi contoh atau mendemonstrasikan teknik permainan “tab benteng”, dilakukan sebanyak 2 kali, (3) anak mendapat kesempatan bermain sebanyak dua kali, dan (4) agar lebih tertib, anak dikelompokkan sambil menunggu giliran bermain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-31
How to Cite
Arzani, M., & Ramzi, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Tab Benteng Pada Anak Kelompok B TK Puncang Hijau. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 2(1), 80-85. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/article/view/200

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.