Upaya Meningkatkan Keterampilan Bercerita Melalui Media Boneka Tangan di Kelompok B Paud Riyadlusshibyan Tahun Pelajaran 2020/2021

  • Muhammad Arzani STKIP Hamzar
  • Muhajirin Ramzi STKIP Hamzar
Keywords: Keterampilan Bercerita, Media Boneka Tangan, Anak Kelompok B

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui media boneka tangan pada anak Kelompok B di PAUD Riyadlusshibyan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini sebanyak 24 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah keterampilan berbicara melalui media boneka tangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila keterampilan berbicara anak telah mencapai 80% dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan berbicara melalui media boneka tangan pada anak Kelompok B di PAUD Riyadlusshibyan. Hasil observasi yang dilakukan pada saat Pratindakan menunjukkan bahwa keterampilan berbicara anak mencapai 36,36% dengan kriteria kurang, pada Siklus I meningkat mencapai 53,54% dengan kriteria cukup, dan pada Siklus II meningkat mencapai 83,54% dengan kriteria sangat baik. Langkah-langkah yang ditempuh untuk meningkatkan keterampilan bercerita melalui media boneka tangan yaitu sebagai berikut: 1) Guru bercerita menggunakan bonekatangan; 2) Guru mengelompokkan anak, tiap kelompok terdiri dari tiga anak; 3)Anak-anak mengulang kembali cerita yang telah disampaikan oleh guru; serta 4)Guru memberikan motivasi dan reward berupa “Tanda Bintang”.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-31
How to Cite
Arzani, M., & Ramzi, M. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Bercerita Melalui Media Boneka Tangan di Kelompok B Paud Riyadlusshibyan Tahun Pelajaran 2020/2021. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 1(2), 39-44. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/article/view/199

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.