Implementasi Pendekatan Komunikatif Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Anak Usia Dini (Studi Kasus di Paud Insan Kaamil Teniga Lombok Utara)
Abstract
Bahasa dalam kehidupan manusia mempunyai peranan yang mutlak dan sangat penting, sejak manusia lahir hingga meninggal dunia, manusia tidak akan terlepas dari proses berbahasa. Bahasa mulai ada sejak manusia pertama diciptakan hingga saat ini, hanya saja cara penyampaiannya bahasa antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya berbeda-beda. Itu terbukti dari perbedaan bahasa, logat, ataupun intonasi yang digunakan dalam menyampaikan gagasan yang terdapat dalam diri masing-masing individu di daerah yang berbeda. Apabila dicermati dari fungsinya, maka bahasa menjadi suatu alat penghubung, baik antara individu dengan individu lainnya, individu dengan masyarakat, atau dalam ruang lingkup yang lebih luas yaitu antara satu bangsa dengan bangsa yang lainnya. Demikian juga halnya dengan bahasa Arab yang memiliki fungsi yang sangat istimewa bagi umat Islam sedunia. Bahasa Arab ditakdirkan sebagai bahasa pemersatu bagi semua muslim. Bahasa Arab dan al-Qur’an bagaikan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Menguasai bahasa Arab adalah salah satu syarat wajib untuk dapat menguasai dan memahami al-Qur’an. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui makna dari Pendekatan Komunikatif, (2) Untuk mengetahui proses pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan Pendekatan Komunikatif dalam pengajaran keterampilan berbicara bahasa Arab pada Anak Usia Dini (3) Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan yang dihadapi dalam menerapkan Pendekatan Komunikatif dalam pengajaran keterampilan berbicara bahasa Arab pada Anak Usia Dini.