Penerapan Metode Inquiri dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pembulatan Bilangan di Kelas IV SDN 1 Teniga Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode inquiri dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika materi pembulatan bilangan di kelas IV SDN 1 Teniga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Teniga. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV sebanyak 25 orang. Pendekatan yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reaserch). Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang berisi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan panduan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa yang pada kondisi awal 54,67 dan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan inkuiri pada siklus I rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa mencapai angka 67,6. Setelah dilakukan perbaikan oleh guru sehingga pada siklus II mencapai angka 74,47 dan masuk dalam kategori baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inquiri dapat meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika pada materi pokok pembulatan bilangan.