Penerapan Metode RMEI (Realistic Mathematic Education) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SDN 4 Sambik Bangkol
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode realistic mathematic education. Adapun subjek dalam penelitian ini siswa kelas tiga yang berjumlah 15 orang. Penelitian ini didesain dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan guru, instrumen tes untuk mengambil data hasil belajar siswa. Data yang telah di kumpulkan tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus ketuntasan individu dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I adalah 60% sedangkan pada siklus II mencapai 86,6%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode realistic mathematic education dapat meningkatkan hasil belajar siswa.