Korelasi Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SDN 1 Teniga Tahun Pelajatan 2020/2021

  • Sukarto Sukarto STKIP Hamzar
  • Maulida Arum Fitriana STKIP Hamzar
Keywords: Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar, Teniga

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Melihat Kebiasaan Belajar Yang Efektif Diperlukan Oleh Setiap Individu Dalam Kegiatan belajar, Pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Teniga. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, tekhnik pengumpulan data yang digunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji korelasi/hubungan. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji korelasi parsial product moment menunjukkan hasil bahwa terdapat korelasi antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah; hasil rhitung> rtabel, yaitu 0,2953> 0,2913 dengan df = 31 dan ts = 5% sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat korelasi yang signifikan antara kebisaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 1 Teniga diterima. Artinya semakin baik kebiasaan belajar semakin baik pula prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 1 Teniga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-31
How to Cite
Sukarto, S., & Fitriana, M. A. (2021). Korelasi Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SDN 1 Teniga Tahun Pelajatan 2020/2021. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 1(1), 53-55. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/article/view/191

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.