Korelasi Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SDN 1 Teniga Tahun Pelajatan 2020/2021
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Melihat Kebiasaan Belajar Yang Efektif Diperlukan Oleh Setiap Individu Dalam Kegiatan belajar, Pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Teniga. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, tekhnik pengumpulan data yang digunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji korelasi/hubungan. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji korelasi parsial product moment menunjukkan hasil bahwa terdapat korelasi antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah; hasil rhitung> rtabel, yaitu 0,2953> 0,2913 dengan df = 31 dan ts = 5% sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat korelasi yang signifikan antara kebisaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 1 Teniga diterima. Artinya semakin baik kebiasaan belajar semakin baik pula prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 1 Teniga.