Penentuan Pisuke Dalam Tradisi Pernikahan di Lombok Barat Perpsektif Al-Urf

  • Sahibuddin Sahibuddin Universitas Islam Negeri Mataram
  • Junaidi Junaidi Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Pisuke, Al-urf, Merariq

Abstract

Penelitian ini menguraikan tentang penentuan pisuke dalam tradisi masyarakat Lombok Barat dengan mengambil sampel di Kecamatan Narmada. Penelitian kualitatif deskriptif analisis dengan pendekatan yuridis normatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Penentuan pisuke dalam tradisi pernikahan di masyarakat Lombok Barat dilakukan mulai ketika prosesi nyelabar, jumlahnya musyawarah dan negosiasi kedua belah pihak keluarga. 2) Penerapan pisuke berdampak positif yaitu: terpenuhinya rasa keadilan, terciptanya saling ridha antar keluarga dan terjaganya pernikahan. Berdampak negatif: terhambatnya proses pernikahan, renggangnya hubungan antar berkeluarga, dan rentan terhadap perceraian. 3) Pisuke dalam Tinjauan Hukum Islam, dapat dikategorikan sebagai al-urf ash-shahihah karena sudah diterima oleh masyarakat secara umum dan sudah melekat sebagai bagian dari tradisi pernikahan secara turun temurun.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-31
How to Cite
Sahibuddin, S., & Junaidi, J. (2022). Penentuan Pisuke Dalam Tradisi Pernikahan di Lombok Barat Perpsektif Al-Urf. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 2(2), 1-6. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/article/view/180

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.