Peningkatan Kinerja Guru Dalam Mengembangkan Indikator Pencapaian Kompetensi Mata Pelajaran Yang di UN Kan Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SDN 1 Ranjok Lombok Barat

  • Dwi Amsiyani SDN 1 Ranjok
Keywords: Kinerja Guru, Tinjauan Tentang Pencapaian, Kompetensi, Supervisi Akademik

Abstract

Menjadi guru profesional bukan merupakan jalan yang mulus, namun banyak hambatan. Sebagai contoh, hubungan antar sesama guru dan kepala sekolah lebih banyak bersifat birokratis dan administratif daripada kesejawatan, sehingga tidak mendorong terbangunnya suasana dan budaya profesional akademik di kalangan guru. Para guru pun semakin terjebak jauh dari prinsip-prinsip profesionalitas. Mereka jauh dari buku, kebiasaan diskusi, menulis, apalagi melakukan penelitian. Oleh karena itu, menurut Suparman (2006) pembenahan dan peningkatan mutu guru berkaitan dengan kompetensi profesional harus berlaku sepanjang kariernya. Tujuan dari penelitian tindakan sekolah (PTS)  ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Peningkatan Kinerja guru dalam mengembangkan indikator pencapaian kompetensi mata pelajaran yang di UN kan melalui pembinaan supervisi akademik kepala sekolah di SDN 1 RANJOK Kec. Gunungsari. Dalam penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru  dengan mencapai standar ideal yaitu nilai rata-rata siklus I = 58,5, siklus II–66 dan siklus III–87,5. Dan dari aspek ketuntasan secara kelompok telah mencapai ketuntasan yaitu dari siklus I mencapai 30 %, pada siklus II mencapai 70 % dan pada siklus III meningkat mencapai 100 %,  maka dapat dikatakan bahwa pembinaan kepala sekolah melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru dalam mengembangkan indikator pencapaian kompetensi mata pelajaran yang di UN kan dengan ketuntasan mencapai 100%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-31
How to Cite
Amsiyani, D. (2022). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Mengembangkan Indikator Pencapaian Kompetensi Mata Pelajaran Yang di UN Kan Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SDN 1 Ranjok Lombok Barat. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 2(1), 66-74. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/article/view/177

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.