Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tahfizul Qur’an Ponpes Yusuf Abdussatar Kediri Lombok Barat
Abstract
Manajemen strategi dalam dunia pendidikan merupakan sesuatu yang relatif baru. Hal ini dikarenakan keberhasilan lembaga profit menerapkan manajemen strategi untuk mencapai tujuan. Madrasah Tahfizul Qur’an Ponpes Yusuf Abdussatar merupakan lembaga pendidikan swasta yang mempunyai orientasi pendidikan masa depan. Lembaga tersebut termasuk lembaga pendidikan unggulan dengan peserta didiknya sarat akan prestasi baik dari segi akademik atau non akademik. Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tahfizul Qur’an Ponpes Yusuf Abdussatar meliputi: Analisis lingkungan, Perencanaan strategi, Implementasi Strategi dan Evaluasi Proses Manajemen strategi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis dengan rancangan studi multikasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti; teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu ketua yayasan, kepala tahfiz, sekretaris, guru dan pendidik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Analisis lingkungan yang dilakukan Madrasah Tahfizul Qur’an Ponpes Yusuf Abdussatar adalah analisis SWOT yang menghasilkan program atau kegiatan sesuai dengan kebutuhan lembaga pendidikan. Perencanaan strategi yang dilakukan Madrasah Tahfizul Qur’an Ponpes Yusuf Abdussatar ada dua yaitu membuat Grand Design, rekrutan pendidik dan peserta didik dan Visi dan Misi Madrasah Tahfizul Qur’an. Implementasi strategi yang dilakukan Madrasah Tahfizul Qur’an Ponpes Yusuf Abdussatar disesuaikan program yang sudah disepakati dan persyaratan rekrutan pendidik dan peserta didik dan pembagian tugas dari masing-masing strektural. Evaluasi strategi yang dilakukan Madrasah Tahfizul Qur’an Ponpes Yusuf Abdussatar meliputi monitoring kegiatan ada program, supervisi pembelajaran secara tertutup dan terbuka, rapat koordinasi bulanan. Dari uraian di atas dapat difahami bahwa manajemen strategi peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tahfizul Qur’an Ponpes Yusuf Abdussatar telah berjalan dengan baik. Hal ini karena peran aktif seluruh pelaku manajemen yaitu kepala madrasah, sekretaris, dan pendidik dengan menggunakan teknik yang relevan. Dengan demikian Madrasah Tahfizul Qur’an Ponpes Yusuf Abdussatar telah melaksanakan manajemen strategi yang intensif dan komprehensif.