Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Keruak

  • Dewi Puspita Ningsih Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Andika Apriawan Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Peran Guru, Motivasi Belajar, Sosiologi

Abstract

Dalam pembelajaran siswa harus diberi latihan sikap di kelas, termasuk memberikan inspirasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMAN 1 Keruak, terlihat bahwa beberapa siswa belum fokus pada mata pelajaran sosiologi, hal ini dapat dilihat dengan baik. bahwa selama jam pelajaran dan pendidik saat mengklarifikasi materi di depan kelas, siswa masih sibuk sendiri dan mendinginkan diri, misalnya berbicara dengan teman yang berbeda dan bermain ponsel. Ketika guru sedang mengklarifikasi ilustrasi, siswa tidak fokus pada pembelajaran, tidak mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Tujuan Penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Keruak, 2. Untuk mengetahui faktor-faktor yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Keruak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Siswa dan guru di SMAN 1 Keruak.  objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument). Teknik Analisis Data menggunakan reduksi data dn abstraksi data dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil Peran guru Sosiologi di SMAN 1 Keruak adalah guru sebagai pengajar yang berkualitas yang dapat membuat dan melaksanakan program pembelajaran yang disusun dengan baik, guru sebagai motivator yang baik bisa mengelola dan mengendalikan diri sendiri dan peserta didik. Faktor-faktor yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal dari dalam diri siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-31
How to Cite
Ningsih, D. P., & Apriawan, A. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Keruak. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 2(1), 43-52. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/article/view/137

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.