Proses Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SMAN 2 Aikmel Pada Masa COVID-19

  • Alfiansah Alfiansah Universitas Mataram
  • Muhammad Zubair Universitas Mataram
  • Sumardi Sumardi Universitas Mataram
Keywords: Pembelajaran Daring, COVID-19, Aikmel

Abstract

Tujuan penelitian ini, adalah untuk mendeskripsikan penerapan pelaksanaan Pembelajaran daring di SMAN 2 Aikmel pada masa COVID-19 dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan pelaksanaan pembelajaran daring di SMAN 2 Aikmel Pada masa COVID-1. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara Semiterstruktur dan Observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMAN 2 Aikmel pada masa COVID-19 dimana sudah terlaksana dengan cukup baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru dan peserta didik menggunakan Whatsapp, google classroom dan Zoom.Meskipun pembelajaran dilakukan secara daring guru tetap melakukan perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP daring, mempersiapkan bahan ajar berupamedia pembelajaran dan mempersiapkan bahan ajar sebelum proses pembelajaran berlangsung. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan media berupa video, penggunaan media pembelajaran berupa video pembelajaran bertujuan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Startegi yang digunakan guru dalam pembelajaran daring berupa pemberian waktu untuk diskusi dan tanya jawab kepada peserta didik sebagai suatu cara untuk melakukan pendekatan sehigga peserta didik dapat berinteraki dengan baik. Selain itu metode yang digunakan guru yaitu disesuaikan dengan kharakteristik peserta didik, guru menggunakan metode ceramah karena dinilai lebih efektif untuk menjelaskan materi pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran daring di SMAN 2 Aikmel antara lain kurangnya kemampuan menggunakan media oleh guru dan siswa serta kurangnya perlengkapan yang digunakan untuk melaksanakan pembelajaran daring dari siswa. Selain itu peran sekolah dalam memonitoring pelaksanan pembelajaran daring harus lebih ditingkatkan untuk menghindari terjadinya ketidakdisiplinan antara guru dan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-31
How to Cite
Alfiansah, A., Zubair, M., & Sumardi, S. (2022). Proses Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SMAN 2 Aikmel Pada Masa COVID-19. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 2(1), 22-30. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/article/view/134

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.