Plus Minus Tafsir Ilmi

  • Mutmainnah Mutmainnah Universitas Islam Negeri Mataram
  • Junaidi Junaidi Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Tafsir Ilmi, Al-Qur’an, Ulama

Abstract

Masalah penafsiran ilmiah atas ayat-ayat merupakan salah satu kemusykilan yang harus diselesaikan ketika kita membicarakan hubungan antara dan ilmu pengetahuan. Karena itu, disini pertama-tama akan dibahas pengertian arah dan tujuan tafsir ilmi, alasan-alasan yang menopangnya, kritik-kritik terhadapnya, serta aspek positif maupun negatif dari Tafsir Ilmi. Permasalahan penciptaan dalam ilmu ekstakta masih berkisar dalam lingkup asumsi dan teori-teori ilmiah yang belum pasti. Oleh sebab itu, tidakkah kita termasuk terburu-buru apabila kita memasukkan persoalan-persoalan paradigma ilmu pengetahuan tersebut ke dalam pemahaman keagamaan. Apabila suatu saat nampak dalam kehidupan sesuatu yang baru yang muncul dari perkembangan ilmiah modern dan tidak sesuai dengan penafsiran ilmiah, maka kesalahannya bukan pada ayat-ayat Al-Qur'ân tersebut, tetapi pada kedangkalan pemahaman ilmiah terhadap ayat-ayat tersebut. Dari semua uraian diatas, baik dari argument maupun kontra argument, penulis dapat menyimpulkan bahwa menghubungkan dengan ilmu pengetahuan memerlukan kehati-hatian. Selain penguasaan ilmu pengetahuan- sehingga mampu membedakan fakta ilmiah dari teori ilmiah- mufassir ilmi juga tidak boleh mengabaikan kaidah-kaidah bahasa Arab dan penjelasan-penjelasan yang manqul. Alternatif kita bukanlah menyesuaikan ayat-ayat dengan ilmu pengetahuan atau mencari teori ilmiah dari, tetapi menemukan bagaimana persepektif tentang ilmu pengetahuan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-31
How to Cite
Mutmainnah, M., & Junaidi, J. (2022). Plus Minus Tafsir Ilmi. Indonesian Journal of Education Research and Technology (IJERT), 2(1), 1-11. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/ijert/article/view/129

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.