Model‐Model Evaluasi Pendidikan: Telaah Mendalam Kirkpatrick, CIPP, dan Outcome-Based Evaluation
Abstract
Evaluasi berperan strategis dalam memastikan mutu pendidikan karena tidak hanya menilai hasil belajar, melainkan juga proses dan konteks pembelajaran. Artikel ini mengulas tiga model evaluasi yang lazim diterapkan Kirkpatrick, CIPP, dan Outcome-Based Evaluation (OBE). Masing-masing model dibedah konsep, komponen, keunggulan, kelemahan, dan contoh implementasinya di satuan pendidikan. Hasil telaah menunjukkan bahwa Kirkpatrick efektif untuk pelatihan jangka pendek yang menuntut pemetaan bertahap reaksi hingga hasil; CIPP unggul sebagai kerangka komprehensif pengambilan keputusan karena memadukan konteks, masukan, proses, dan produk; sedangkan OBE menekankan akuntabilitas melalui pengukuran dampak nyata pada peserta didik. Pemahaman mendalam terhadap ketiga model memungkinkan pendidik, peneliti, dan pengelola pendidikan memilih atau memadukan pendekatan evaluasi yang paling tepat sesuai kebutuhan program. Model Kirkpatrick, yang awalnya dikembangkan untuk pelatihan di dunia korporat, kini juga diterapkan dalam konteks pendidikan. Sementara itu, Model CIPP memberikan pendekatan yang lebih komprehensif dengan mempertimbangkan berbagai aspek dari program pendidikan. Terakhir, Model Evaluasi Berbasis Outcome memfokuskan pada hasil akhir dari proses pendidikan.
Downloads
Copyright (c) 2025 Hasbi Hasbi, Ardiansyah Ardiansyah, Andi Mulyan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.