Strategi Pengelolaan Bank Sampah Berbasis Lingkungan
Abstract
Abstrak: Sampah dihasilkan dari aktivitas kampus masih belum terkelola dengan baik dan dibuang secara langsung ke TPS. Bank sampah universitas dibangun sebagai inisiatif program studi teknik lingkungan dalam upaya partisipasi menangani permasalahan sampah di Universitas Nahdlatula Ulama Nusa Tenggara Barat (UNU-NTB). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dan menyusun strategi pengelolaan Bank Sampah UNU-NTB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis SWOT secara kualitatif. Hasil penilitian menujukkan bahwa permasalahan eksisting terkait pengelolaan sampah di Bank Sampah UNU-NTB meliputi aspek sosial, aspek teknis, aspek pengelolaan, dan aspek kelembagaan. Terdapat beberapa pilihan strategi berdasarkan kajian ini yaitu memanfaatkan teknologi sebagai media untuk mengelola bank sampah, mengadakan pertemuan rutin pengelola dan nasabah, melakukan komunikasi kepada seluruh civitas akademik agar mendaftar menjadi nasabah, penyediaan sarana, dan prasarana pengelola melakukan kerjasama dengan pihak pemerintah atau swasta untuk ikut serta dalam pengembangan Bank Sampah.
Abstract: Waste have been produced from campus activities is still not well managed and is gong to directly to the TPS. The waste bank universitas was built as an initiative of an environmental engineering study program as an effort to participate to reduce waste problems at Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat (UNU NTB). The purpose of The Study to identify the existing problems in waste bank and formulate a management strategy for the UNU-NTB Waste Bank. The method used in this study is a qualitative SWOT analysis method. The results of the study show that the existing problems related to waste management in the UNU-NTB Waste Bank include social aspects, technical aspects, management aspects, and institutional aspects. There are several strategic based on this study, Use technology for managing waste bank, holding regular meetings between managers and customers, communicating with the entire academic community to register as customers, providing facilities and infrastructure for managers to collaborate with government or private parties to participate in the development of the Waste Bank.
References
Anggraini, A. (2015). Strategi Inovatif Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Perkotaan (Studi Pada Bank Sampah “Sri Wilis” Perum Wilis II Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya.
Asteria, D., & Heruman, H. (2016). BANK SAMPAH SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT DI TASIKMALAYA (Bank Sampah (Waste Banks) as an Alternative of Community-Based Waste Management Strategy in Tasikmalaya). Jurnal Manusia Dan Lingkungan. https://doi.org/10.22146/jml.18783
Hasnam, L. F., Syarief, R., & Yusuf, A. M. (2017). Strategi Pengembangan Bank Sampah di Wilayah Depok. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.17358/jabm.3.3.407
Rangkuti, F. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. In PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Selomo, M., Birawida, A. B., & Mallongi, A. (2016). BANK SAMPAH SEBAGAI SALAH SATU SOLUSI PENANGANAN SAMPAH DI KOTA MAKASSAR The Waste Bank is One of Good Solusion for Handling Waste in Makassar City. Jurnal MKMI.
Shentika, P. A. (2016). Pengelolaan Bank Sampah di Kota Probolinggo. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Studi Pembangunan. https://doi.org/10.17977/um002v8i12016p092