Pembuatan Short Cinematic Film dengan Memanfaatkan Teknik 3D Motion Tracking Sebagai Media Promosi Desa Wisata Buwun Sejati
Abstract
Abstrak: Kecamatan Narmada memiliki banyak obyek wisata yang menarik para wisatawan untuk berkunjung, salah satunya adalah Desa wisata Buwun Sejati. Meskipun demikian, objek wisata di desa ini kurang terkenal karena tidak adanya media promosi akan keberadaan desa tersebut. Oleh sebab itu, pembuatan Short Cinematic Film dengan pemanfaatan teknik 3D Motion Tracking dan rancangan Video Promosi Desa Wisata Buwun Sejati menggunakan Adobe Premiere Pro Cc 2017 dan Adobe Affetr Effect Cc 2015, sangat diperlukan sebagai media promosi dari desa wisata Buwun Sejati yang berisi konten singkat, menarik, padat, mudah di mengerti, dan merangkum seluruh informasi yang ditayangkan. Perancangan video promosi wisata ini menggunakan metode pengembangan multimedia Luther Sutopo sehingga dihasilkan Short Cinematic Film yang dikemas dalam media penyimpanan DVD/CD agar mempermudah dalam berbagi di media sosial seperti facebook dan youtube. Hasilnya, pembuatan Short Cinematic Film ini dapat membantu pengguna untuk mendapatkan informasi tentang Desa Wisata Buwun Sejati.
Abstract: Narmada sub-district has many tourist objects that attract tourists to visit and one of them is the Buwun Sejati tourist village. However, the tourist attraction in this village is less well known because there is no promotional media for the village's existence. Therefore, a Short Cinematic Film was made using the 3D Motion Tracking technique and the design of the Buwun Sejati Tourism Village Promotion Video using Adobe Premiere Pro Cc 2017 and Adobe Affetr Effect Cc 2015, for promotional media from the tourist village of Buwun Sejati which contains short, interesting, compact content. , easy to understand, and summarizes all the information displayed. The design of this tourism promotion video uses Luther Sutopo's multimedia development method so that a Short Cinematic Film is produced which is packaged in DVD/CD storage media to make it easier to share on social media such as Facebook and YouTube. As a result, the making of this Short Cinematic Film can help users get information about Buwun Sejati Tourism Village.
References
Adinda, & Adjie. (2011), B1 3D Studio Max 9 +Cd. FILM ANIMASI 2D BERBASIS 3D MENGGUNAKAN TEKNIK CELL SHADING BERJUDUL THE POSTMAN STORY.
Aditya. (2009), Trik Dahsyat Menjadi Animator 3D Handal. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Andi. (2013), Kupas tuntas Adobe after effect CS6
Andi. (2013), PAS presentasi multimedia dengan Adobe photoshop CS6 & Flash CS6
B. Frost, Jacqueline. (2009), Cinemathography for Directors. Studio City: Michael Weis Productions
Binanto, Iwan. (2010), Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.
Hoftster. (2001), Pengantar Multimedia untuk Media Pembelajaran.
Joseph. (2011) Pusat apresiasi filmJurnal Ilmiah. (2013), DASI Vol. 14 No. 04 Desember.
Maestri. & Adindha, (2006), Digital Animasi Character. FILM ANIMASI 2D BERBASIS 3D MENGGUNAKAN TEKNIK CELL SHADING BERJUDUL THE POSTMAN STORY.
Nawawi, Hadari dan M. Martini Hadari, (1992), Instrumen Penelitian Bidang Rosch. (1996), American Heritage Electronic Dictionary and Language Master. Cambidge, Houghton Mifflin
Robin, L. (2001), Menguasai Pembuatan Animasi dengan Adobe After Effect. PT.Elek Media Komputindo, Yogyakarta. Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sugiyono. (2012), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutopo. (2003), Multimedia Interaktif dan Flash, PT Graha Ilmu. Yogyakarta
Suyanto, M. (2003), Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing, Jakarta : Andi.
Turban., dkk. (2002), Aplikasi Multimedia Interaktif, Paradigma.
Vaughan, T. (2007), Multimedia : Marking it Work, Edisi 6. Yogyakarta: Penerbit Andi.