Pengelolaan Sampah di Pulau Maringkik

  • Andi Mulyan Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Muhammad Riyan Hidayatullah Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Pengelolaan Sampah, Ecobrik, Pulau Maringkik

Abstract

Sebagai desa yang banyak dkunjungi oleh wisatawan, sepatutnya Desa Pulau Maringkik memiliki lingkungan yang bersih dan sehat. Ironisnya, keberadaan sampah di desa pulau ini masih banyak yang bertebaran di pinggir pantai atau pinggir tebing. Hal ini tentu menampilkan pemendangan yang kurang berkenan bagi pengunjung atau wisatawan. Dalam menaggulangi masalah sampah, diperlukan system pengelolaan dan pemenfaatan yang tepat.  Sistem tersebut tentu bertujuan untuk membantu masyarakat desa dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Dalam mencapai tujuan tersebut akan diterapan sistem inservice berupa pelatihan dan pendampingan alih teknologi dan program aksi. Dua target pelatihan dan pendampingan yaitu pelatihan dan pendampingan pengolahan sampah dengan menerapkan metode 3R yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (Menggunakan kembali), dan Recyle (Mendaur ulang). Penerapan metode ini akan diawali dengan sistem pilah pada sumber sampah; (2) pelatihan keterampilan ecobrik dan atau kerajinan plastik. (3) Pendampingan dalam upaya menumbuhkembangkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat secara terpadu juga menjadi bagian dari pengabdian ini. Luaran yang akan dihasilkan: (1) Jasa keterampilan/pelatihan; (2) Metode pengolahan sampah komprehensif secara terpadu; (3) ecobrik; (4) Produk aneka barang kerajinan berbahan plastik; (6) Artikel ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2014. Membuat Tas dari Bibir Gelas Minuman. (Di akses dari http://ide-kreatif.kampung-media.com/2014/05/31/membuat-tas-dari-bibir-gelas-minuman-3611).

Anonim. 2018. Mengenal Pulau Maringkik. (Di akses dari http://rupa-rupa.kampung-media.com/2018/01/03/mengenal-pulau-maringkik-22403).

Anonim. 2019. Tembok Plastik di Gili Meno. (Di akses dari http://inovasi-desa.kampung-media.com/2019/08/23/tembok-plastik-di-gili-meno-31895).

Chandra, Budiman. 2006. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Buku Kedokteran EGC: Jakarta.

Depkes R.I. 1996. Petunjuk Pelaksanaan Pengawasan dan Pengendalian Dampak Sampah (Aspek Kesehatan Lingkungan. EGC: Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Prinsip-Prinsip Dasar. Cipta: Jakarta.

Published
2021-08-31
How to Cite
Mulyan, A., & Hidayatullah, M. R. (2021). Pengelolaan Sampah di Pulau Maringkik. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1-9. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/abdinesia/article/view/75

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.