Pelatihan dan Penataran Juri Binaraga di Nusa Tenggara Barat

  • Andi Mulyan Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Lalu Moh Yudha Isnaini Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Baiq Siti Hajar Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
Keywords: Pelatihan, Wasit Juri, Binaraga

Abstract

Binaraga adalah salah satu cabang olahraga yang sudah mulai digemari di masyarakat oleh banyak kalangan di Indonesia. Hal ini terlihat banyaknya orang yang bermain berolahraga di tempat gym atau fitness mulai dari dewasa sampai veteran. Dilihat dari kejuaraan binaraga mulai dari tingkat kelompok Mens Pisque dan Kelas Binaraga. Pertumbuhan dan perkembangan Binaraga nasional dewasa ini telah menunjukan tingkat kemajuan cukup berarti, perlu terus dijaga dan ditumbuhkembangkan lebih lanjut sehingga mampu berbicara secara lebih baik. Untuk itu perlu dukungan sepenuhnya dari setiap perangkat organisasi agar prestasi menyeluruh dari para pemain, official, dan penyelenggara setiap turnament mampu mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Perkembangan kejuaraan binaraga di Nusa Tenggara Barat beberapa tahun terakhir ini sangat menunjukan peningkatan. Terbukti dengan banyaknya kejuaraan binaraga dilaksanakan oleh klub-klub Binaraga. Hal ini terlihat dengan makin banyaknya kejuaraan binaraga baik itu tingkat daerah Nasional maupun turnamen Men Phsique. Maka dari itu sangat dibutuhkan tenaga yang profesional untuk menjadi seorang wasit juri dalam memimpin pertandingan Binaraga. Untuk menjadi wasit juri perlu adanya pelatihan atau Penataran tingkat provinsi. Kegiatan meliputi “Pelatihan Wasit Juri Tingkat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat”. Hasil pengabdian masyarakat yang dilaksanakan adanya adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan wasit juri binaraga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-04
How to Cite
Mulyan, A., Isnaini, L. M. Y., & Hajar, B. S. (2024). Pelatihan dan Penataran Juri Binaraga di Nusa Tenggara Barat. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1-4. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v4i2.653

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.