Meningkatkan Pemahaman Siswa SMK/SMA Tentang Pentingnya Rekam Medik Pada Fasilitas Kesehatan

  • Dwi Andayani Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Zulmin Amrina Rosyada Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
Keywords: Rekam Medik, Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Pemahaman

Abstract

Fasilitas Pelayanan Kesehatan menjamin perlindungan hukum bagi dokter tenaga kesehatan agar tidak menimbulkan kesalahan medik dalam menangani pasien, sekaligus pasien mendapatkan perlindungan dari suatu tanggungjawab rumah sakit dan dokter tenaga kesehatan (Tutik, 2010). Salah satu indikator untuk menilai mutu suatu pelayanan kesehatan adalah dengan tersedianya rekam medis yang lengkap dan akurat. Tanpa kelengkapan dan keakuratan rekam medis menimbulkan kesan bahwa pelayanan kesehatan tidak berlangsung semestinya dan sulit membayangkan fakta aktual yang terjadi ini di sebabkan rekam medis merupakan kumpulan segala kegiatan para pelaksana kesehatan yang ditulis dan digambarkan atas aktivitas mereka terhadap pasien (Indar, 2010). Rekam medis merupakan bukti tertulis tentang proses pelayanan diberikan oleh dokter dan tenaga kesehatan lainnya kepada pasien. Rekam medis berisi tentang data sosial pasien, riwayat penyakit, pemeriksaan, diagnosis, pengobatan dan tindakan medik lainnya. Dari pernyataan di atas maka rekam medik sudah seharusnya memuat informasi yang cukup mengenai pasien, diagnosa, dan alasan penetapan diagnosa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-28
How to Cite
Andayani, D., & Rosyada, Z. A. (2021). Meningkatkan Pemahaman Siswa SMK/SMA Tentang Pentingnya Rekam Medik Pada Fasilitas Kesehatan. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 57-63. https://doi.org/10.69503/abdinesia.v1i1.640

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.